Bangun Layanan Terintegrasi, Blibli Tiket Penuhi 90% Kebutuhan Masyarakat RI

Kusumo Martanto selaku Chief Executive Officer (CEO) dan Co-Founder Blibli (tengah) pada acara “Kenal Lebih Dekat Ekosistem Blibli Tiket” di Jakarta, Senin (22/7). (Foto: Dok. TF/SW)

Jakarta – Platform e-commerce Blibli.com terus berinovasi untuk memberikan layanan yang semakin efisien dan efektif kepada masyarakat Indonesia. Salah satu cara yang ditempuhnya, yakni membangun ekosistem terpadu Blibli Tiket. Dalam ekosistem tersebut, Blibli menggandeng agen perjalanan daring (OTA) Tiket.com, serta jaringan retail modern Ranch Market.

Kusumo Martanto selaku Chief Executive Officer (CEO) dan Co-Founder Blibli menyatakan bahwa ketiga perusahaan itu saling berintegrasi telah memenuhi 90 persen kebutuhan masyarakat Indonesia melalui kanal daring maupun luring. Kusumo menjelaskan, ekosistem itu dibentuk berlandaskan visi jangka panjang untuk menjadi ekosistem perdagangan dan lifestyle.

“Yang jadi pilihan. Soalnya kalau kita jadi ekosistem tapi tak jadi pilihan, kan kurang oke ya. Dari situ, kita merasa dengan ekosistem ini kita bisa jadi lebih (efisien dan komprehensif dalam pelayanan) antara Blibli, Tiket, dan Ranch,” ujar Kusumo pada acara “Kenal Lebih Dekat Ekosistem Blibli Tiket” di Jakarta, Senin, 22 Juli 2024.

Ketiga perusahaan itu menjadi satu dalam ekosistem yang ada melalui format omnichannel demi memudahkan hidup masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Kusumo katakan, pihaknya terus mempelajari pola behavior konsumen di Indonesia.

Menurutnya, Indonesia sebagai negara besar memiliki populasi masyarakat muda yang besar, serta bertumbuh pula ekonominya. Selain menyukai aktivitas belanja atau shopping, orang-orang muda di Indonesia juga menyukai experience. Oleh karenanya, gabungan ketiga enterprise itu melalui format omnichannel bisa mengintegrasikan pengalaman yang dibutuhkan konsumen.

“Yang penting buat kita adalah konsumennya. Konsumennya butuhnya apa sih, sukanya apa sih, makanya kita melihat pentingnya ini kita bertiga bersatu, kita integrasikan agar kita bisa berikan lebih baik lagi bagi pelanggan kita. Dan tentunya kita harus sustainable, bisa berikan nilai tambah ke konsumen, business partner, dan semua stakeholder yang ada,” jelasnya.

Blibli Tiket Paylater

Sementara itu, George Hendrata selaku CEO Tiket.com, menerangkan, melalui ekosistem yang terbangun ini, pihaknya menyediakan layanan Blibli Tiket Paylater yang adalah metode pembayaran buy now pay later terbanyak digunakan pada platform digital di Indonesia, di mana penggunanya kini mencapai 220.000 lebih pengguna.

Blibli Tiket Paylater yang ditopang oleh Indodana Finance ini turut menyediakan berbagai program diskon menarik yang dapat dimanfaatkan oleh konsumen, seperti salah satunya loyalty membership. Loyalty membership ini ada program Silver di mana konsumen bisa mendapatkan 10.000 poin di Ranch/Farmers Market setiap hari Selasa.

“Kalau enam tahun dapat 25.000 poin, gratis ongkir di Blibli enam kali seminggu loh. Belum lagi kalau kita masuk Gold, benefit yang tadi ditambah lagi bisa dapat 10 persen diskon untuk staycation di hotel. Belum lagi kita masuk Platinum, ada delapan kali gratis ongkir seminggu. Lalu, 25.000 poin setiap Selasa dapat dari Farmers Market, 50.000 poin kalau enam tahun,” tuturnya.

“Nah, yang Diamond lebih gila lagi. Sepuluh kali seminggu itu gratis ongkir. Belum lagi 50.000 poin setiap Selasa di Ranch/Farmers Market, 75.000 poin untuk yang enam tahun, diskon sampai 50 persen hotel plus free transport and lunch,” bebernya lagi.

George tambahkan, dengan penggabungan data dari ketiga konsumen pada setiap enterprise di ekosistem terpadu itu, pihaknya jadi lebih mengenali pelanggan, yang mana akan menciptakan rekomendasi yang lebih relevan, sehingga pihaknya lebih paham apa yang perlu direkomendasikan agar lebih tepat sasaran.

Penulis: Steven Widjaja

Recommended For You

About the Author: Ari Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *