Jakarta – Menandai awal dari perjalanan perbankan yang baru, Bank OCBC NISP secara resmi meluncurkan penamaan baru yakni ‘OCBC’ sebagai merek dan logo terbaru korporasi, menggantikan penamaan OCBC NISP. Perubahan penamaan brand ini efektif per hari ini, 14 November 2023.
Peluncuran penamaan brand baru tersebut dilakukan di Jakarta, melalui perhelatan bertajuk “OCBC Experience: Supporting Indonesia to the Global Stage”, yang dihadiri oleh banyak pemimpin lembaga keuangan serta para pakar ekonomi dan politik. Perubahan nama merek dan logo ini tidak memengaruhi nama legal Bank yaitu PT Bank OCBC NISP Tbk. Sebelumnya, perubahan serupa telah diumumkan di Singapura, Malaysia, Hong Kong, dan Macau pada 3 Juli 2023 lalu.
Penggunaan nama merek dan logo baru yang sama di seluruh negara itu bertujuan untuk mengakomodasi pelayanan keuangan yang lebih terintegrasi dan komprehensif bagi nasabah. Hal tersebut diimplementasikan dengan memaksimalkan sinergi antar negara melalui kapabilitas OCBC Group yang dipadukan dengan kekuatan, pengetahuan, dan nilai budaya lokal.
“Perubahan nama merek dan logo ini adalah bagian dari proses transformasi, yang mendorong kami untuk terus naik level dan tumbuh secara berkelanjutan. Sebagai bagian dari OCBC Group, kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, serta turut membantu masyarakat untuk mencapai aspirasi keuangan mereka di ASEAN, Greater China, dan sekitarnya,” ujar Presiden Direktur OCBC Indonesia, Parwati Surjaudaja di Jakarta, Selasa, 14 November 2023.
Di kesempatan yang sama, Helen Wong selaku Group Chief Executive Officer OCBC, membeberkan bahwa pada bulan Desember nanti, OCBC cabang Tiongkok juga akan melakukan perubahan nama merek dan logo menjadi ‘OCBC’. Tiongkok akan menjadi negara terakhir yang mengubah nama merek dan logo tersebut.
“Hari ini Indonesia mengikuti langkah Singapura, Malaysia, Hong Kong, dan Macau yang merupakan pasar utama kami, serta negara-negara ekonomi maju lainnya seperti London, New York, dan Sydney meluncurkan ‘OCBC’ sebagai nama merek dan logo terbaru. Pada Desember nanti, China akan menjadi negara terakhir yang melakukan perubahan merek dan logo tersebut,” ungkapnya.
Helen juga mengungkapkan rasa optimisnya pada pertumbuhan ekonomi jangka panjang Indonesia. Hal ini, ia jelaskan, sejalan dengan kinerja sektor perdagangan dan investasi di wilayah Asean dan Greater China yang memiliki potensi besar dan bakal terus meningkat.
Lebih lanjut, perubahan merek dan logo ini juga bertujuan untuk meningkatkan akses pemanfaatan berbagai kekuatan dan sumber daya dari OCBC Group, yang merupakan salah satu grup perbankan terbesar di Asia Tenggara. Dengan begitu, OCBC dapat menawarkan berbagai pilihan produk dan layanan perbankan maupun nonperbankan yang lebih luas kepada nasabah, dengan akses ke pasar regional dan global.
Penawaran Spesial Bagi Nasabah
Penguatan sinergi dan konektivitas dengan OCBC Group ini juga memberikan manfaat lebih banyak bagi nasabah individu maupun bisnis. Adapun berbagai fitur dan benefit yang dapat dirasakan para nasabah di antaranya:
Nasabah Individu
− Berbagai penawaran eksklusif di dalam dan luar negeri untuk transaksi berbagai merchant terkemuka.
− Bebas melakukan tarik tunai tanpa biaya di semua jaringan ATM OCBC Group di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Hongkong.
− Bagi nasabah pemegang Kartu Global Debit, nasabah bisa melakukan tarik tunai dan pembayaran bebas konversi di ATM luar negeri untuk 11 mata uang asing.
− Berbagai program cashback, layanan eksklusif penjemputan di Bandara Singapura dan juga akses ke OCBC Premier Center di Singapura dan Malaysia bagi nasabah Premier Banking dan Private Bank.
− Berbagai kemudahan akses layanan Premier Banking di Singapura, dan juga kemudahan perencanaan pewarisan kekayaan untuk nasabah Private Bank.
Nasabah Bisnis
− Regional desk: Layanan perbankan bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya di jaringan OCBC Group.
− Berbagai kemudahan akses produk dan layanan bisnis, penerbitan bank garansi dan Letter of Credit di negara jaringan OCBC Group.
− Peluang kolaborasi antar pelaku bisnis lintas negara dalam OCBC One Connect Series.
− Peluang berpartisipasi di ajang penghargaan bertaraf internasional dari OCBC Group bagi UMKM Indonesia.
Editor: Steven Widjaja