Jadi Ketua Lakpesdam, Erick Thohir Resmi Masuk Struktur PBNU

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Istimewa)

Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir sudah sah tergabung dalam struktur Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf, di mana dirinya telah menugaskan Erick Thohir menjadi Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU.

“Saya sudah menandatangani SK baru, dan ketua Lakpesdam-nya sudah berganti. Ketua Lakpesdam Erick Thohir,” ucap Yahya ketika membuka acara Pembukaan Muktamar Pemikiran NU 2023 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Jumat lalu, seperti dikutip dari situs resmi NU, Senin, 4 Desember 2023.

Muktamar Pemikiran NU 2023 yang diselenggarakan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta pada 1-3 Desember 2023 sendiri adalah acara yang digelar Lakpesdam PBNU. Forum ini mengusung tema Imagining the Future Society.

Erick diketahui menggantikan posisi Ulil Abshar Abdalla dan Hasanuddin Ali sebagai Ketua Lakpesdam PBNU sebelumnya. Dengan bergantinya keketuaan Lakpesdam PBNU, Yahya berharap, energi baru akan tercipta untuk mengembangkan operasional NU melalui peran Lakpesdam PBNU.

“Karena saya mau membangun teknokrasi dalam operasi organisasional NU dan Pak Erick orang yang sangat berpengalaman, mempunyai track record kinerja yang bagus sekali dalam soal itu,” tambah Yahya.

Dirinya lalu menjelaskan jika di bawah komando Erick Thohir, Lakpesdam PBNU bakal berperan sebagai Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)-nya PBNU.

“Saya ingin membangun Lakpesdam ini menjadi Bappenasnya PBNU. Pak Erick sudah bersedia,” tutur Yahya yang pernah mengemban tugas sebagai juru bicara presiden keempat RI Abdurrahman Wahid itu.

Sebagai informasi, posisi Erick Thohir sebagai Ketua Lakpesdam itu diawali dengan dirinya menjadi anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) pada November 2021 lalu. Yahya Cholil Staquf yang adalah kakak Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sendiri menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Saat itu, Erick dinyatakan telah mengikuti semua rangkaian pendidikan dan pelatihan dasar yang terdiri atas jalan jongkok, merayap, mencari baret, sampai meneriakkan yel-yel. Ketua Umum PSSI itu juga ditunjuk menjadi Ketua Steering Committee (Panitia Pengarah) peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang bertajuk “Mendigdayakan Nahdlatul Ulama, Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru” pada tahun lalu.

Pada acara tersebut, Erick berduet dengan putri Abdurrahman Wahid yakni Yenny Wahid yang berperan sebagai Ketua Organizing Committee (Panitia Pelaksana).

Penulis: Steven Widjaja

Recommended For You

About the Author: Ari Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *