Wapres Wanita Pertama AS Puji KTT ASEAN 2023, Sebut Lebihi Hollywood

Wapres Amerika Serikat, Kamala Harris, tiba di lokasi KTT ASEAN, JCC, Jakarta, Rabu (6/9). (Foto: Dok. Media Center KTT ASEAN 2023/Dwi Prasetya)

Jakarta – Penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN 2023 yang diadakan di Indonesia telah menarik perhatian banyak pihak. Mulai dari inti diskusi dalam KTT ASEAN, hingga pernak-pernik acara yang menyelimutinya tak luput dari pemberitaan.

Hal menarik yang juga menjadi isu pemberitaan adalah soal kehadiran sejumlah tamu penting dari para kepala negara. Dan salah satu yang paling tersohor, yakni Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Kamala Harris. Kamala hadir langsung di KTT ASEAN kali ini, menggantikan Presiden AS, Joe Biden, yang tak bisa hadir.

Sosok wapres wanita pertama di AS itu mencuri perhatian ketika ia memuji Indonesia di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kamala kagum dengan Gala Dinner yang diadakan oleh pemerintah Indonesia selaku tuan rumah KTT ASEAN 2023 pada Rabu (6/9) malam.

Ia menyatakan bahwa apa yang ditampilkan Indonesia pada acara KTT ASEAN kali ini melebihi Hollywood. Kamala yang mengungkapkan kekagumannya di kala acara East Asia Summit atau KTT Asia Timur yang dilakukan ASEAN dengan sejumlah negara, juga dihadiri oleh delegasi dari Tiongkok, Rusia, Jepang, Korea Selatan (Korsel), India, Australia, dan Selandia Baru.

“Terima kasih Tuan Presiden atas kepemimpinan ASEAN tahun ini,” ujar Kamala, seperti dikutip Jumat, 8 September 2023.

“Makanan, penyelenggaraan acara, dan hiburan, hampir melebihi apa yang dilakukan di Hollywood,” ungkapnya.

Sebagai informasi, KTT ASEAN 2023 telah menghasilkan 90 outcome dokumen, yang mana di dalamnya termasuk transisi energi, ekonomi digital, hak asasi manusia, hingga sektor keuangan. KTT selanjutnya akan diadakan di Laos.

Penulis: Steven Widjaja

Recommended For You

About the Author: Ari Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *