Tingkatkan Target Pengelolaan Sampah, Tokio Marine Life Gandeng Bank Sampah ASA

Tokio Marine Life kolaborasi dengan Bank Sampah ASA. (Foto: Dok. Tokio Marine Life)

Jakarta – Tokio Marine Life, perusahaan asuransi jiwa bagian dari Tokio Marine Group, mengumumkan kolaborasi strategis dengan Bank Sampah Anugrah Semesta Alam (ASA) untuk mendukung program daur ulang sampah yang berinsentif. Kolaborasi ini melanjutkan komitmen Tokio Marine Life dengan nilai perusahaan, ‘To Be a Good Company’ sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan dan masa depan yang berkelanjutan.

Kerja sama antara Tokio Marine Life dengan Bank Sampah ASA ini bertujuan untuk meningkatkan proses pengelolaan sampah dengan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle), sekaligus memberikan dampak positif pada komunitas di tempat Tokio Marine Life beroperasi.

Data Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta pada akhir 2022 menyebutkan bahwa Provinsi DKI Jakarta menghasilkan lebih dari 7.500 ton sampah setiap hari yang dikirim ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu di Bantargebang.  Hampir 50 persen di antaranya adalah sampah anorganik atau sampah dengan kategori yang sulit terurai.

Kenyataan tersebut membuat pengelolaan sampah secara sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penangan sampah adalah krusial, dimana Pemerintah DKI telah mengeluarkan Peraturan Gubernur DKI Nomor 33 Tahun 2021 tentang Bank Sampah sebagai acuan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan pemilahan sampah, serta menerapkan prinsip 3R, Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), dan Recycle (mendaur ulang).

Tokio Marine Life mendukung kegiatan Bank Sampah ASA dalam melibatkan dan memfasilitasi masyarakat untuk memilah dan menyetorkan sampah yang dikonversi menjadi tabungan melalui program 3R berinsentif bertema “Ubah Sampah jadi Berkah”. Dukungan yang disampaikan Tokio Marine Life berupa penyediaan sarana pendukung operasional dan insentif tambahan (top up) bagi nasabah Bank Sampah ASA.

“Kami berharap di tahun 2023 dapat mencapai target melakukan daur ulang sampah sampai 10.000 ton, meningkat dari kelolaan tahun 2022 sebesar 3.800 ton. Begitu pula jumlah nasabah dapat meningkat secara gradual, khususnya dari kaum muda,” ujar Ketua Bank Sampah ASA, Yakobus Suprianto, dikutip Minggu, 19 November 2023.

Relawan Bank Sampah ASA wakil generasi muda, Gabriel Tondi menambahkan bahwa semakin banyak anak muda bergabung sebagai nasabah dan terlibat sebagai relawan yang membantu operasional mereka. Di samping itu, Head of Marketing Communications & Corporate Branding Department Tokio Marine Life, Ferawati Gondokusumo menyatakan dukungan untuk penyediaan berbagai fasilitas dalam mendukung visi Bank Sampah ASA.

“Dukungan penyediaan fasilitas seperti buku tabungan, seragam petugas, signage, dan insentif tambahan, termasuk top-up tabungan sebesar 25% untuk nasabah lama dan 50% untuk nasabah baru, adalah bentuk apresiasi atas kontribusi Bank Sampah ASA kepada masyarakat sejalan dengan temanya ‘Ubah Sampah Jadi Berkah’,” terang Fera.

“Fokus perusahaan bukan hanya pada bisnis inti asuransi, tetapi juga menciptakan dampak positif bagi lingkungan untuk membangun masa depan yang berkelanjutan,” tambahnya lagi.

Harapannya melalui kegiatan kolaborasi ini dapat turut mempromosikan perubahan perilaku masyarakat. Di mana hal ini juga didukung dengan sistem pengelolaan sampah berwawasan lingkungan yang dapat memberikan kontribusi bagi terwujudnya kota berkelanjutan agar tercipta lingkungan yang baik, khususnya di Jakarta Timur.

Penyerahan dukungan kepada Bank Sampah ASA juga dihadiri oleh Ketua Bank Sampah ASA, Yakobus Suprianto, Kepala Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan Duren Sawit, Encep Suriana, Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan, Suriyono, tokoh masyarakat setempat, serta generasi muda perwakilan Bank Sampah ASA.

Editor: Steven Widjaja

Recommended For You

About the Author: Ari Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *