Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali mengadakan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR di tahun ini. Ajang yang telah masuk tahun kelima ini diselenggarakan pada 7 sampai 10 Desember 2023 di Jakarta Convention Center sebagai sarana business matching antara UMKM Indonesia dengan konsumen luar negeri.
Program tersebut diharapkan mampu menumbuhkembangkan pelaku UMKM dan meningkatkan ekspor produk UMKM dalam negeri. Ajang BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini mengambil tema “Crafting Global Connection” atau merakit koneksi global. Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan bahwa pihaknya menargetkan nilai transaksi melalui business matching antara UMKM lokal dengan konsumen global di ajang BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 sebesar USD80 juta atau setara dengan Rp1 triliun.
Sunarso menjelaskan bahwa nilai kesepakatan melalui business matching di ajang BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Pada 2019 nilainya sebesar USD33,5 juta, naik pada 2020 menjadi USD57,5 juta, dan pada 2021 kembali meningkat menjadi USD72,1 juta.
Tahun 2021 menjadi penyelenggaraan UMKM EXPO(RT) yang menarik karena dilakukan secara virtual akibat pandemi Covid-19. Kemudian, pada 2022 lalu nilainya menembus USD76,7 juta.
“Alhamdulillah ini adalah tahun ke lima kita menyelenggarakan event ini. Dan selalu saja dari sisi jumlah peserta, kualitas barang atau produk yang dipamerkan itu selalu meningkat. Kemudian juga dengan volume bisnis yang terjadi dari transaksinya. Yang paling penting bukanlah transaksi yang terjadi di tempat ini, namun transaksi dari business matching yakni mempertemukan pelaku UMKM domestik dengan para buyer dari luar negeri, baik secara online maupun offline,” tutur Sunarso saat membuka acara tersebut di Jakarta Convention Center, Kamis, 7 Desember 2023.
“Dan tahun ini kita targetkan mencapai USD80 juta, atau kalau dirupiahkan itu mencapai sekitar Rp1 triliun yang dihasilkan dari pameran ini,” tambahnya.
Dalam UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, BRI mengajak 700 UMKM terkurasi. Sebanyak 378 UMKM di antaranya adalah pendaftar baru, 122 UMKM alumni UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, 6 UMKM binaan Perusahaan Anak seperti Pegadaian, PNM dan BRI Ventures, 153 UMKM Local Heroes yang telah menjadi market leader dengan harapan dapat memperluas impact bisnis dan terkoneksi untuk berkolaborasi ke UMKM lainnya.
Kemudian, 32 UMKM merupakan member SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia) dan 9 UMKM SMExcellence binaan Kementerian Koperasi dan UKM. UKM tersebut berasal dari berbagai daerah yang akan menampilkan produk-produk terbaru dan terbaik mereka.
Terdapat lima kategori UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini yang dapat berpartisipasi, yakni Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, Fashion & Wastra, serta Healthcare/Wellness.
“Kita juga telah membentuk holding ultra mikro di tahun 2021 yang menghasilkan 36 juta nasabah ultra mikro bisa kami integrasikan datanya, fasilitas-fasilitasnya, dari tabungan maupun kredit. Dan itu bagi BRI adalah penting karena BRI akan mengokohkan dirinya untuk terus tumbuh go smaller ke yang kecil-kecil sebagai bagian dari strategi untuk securing sumber pertumbuhan baru,” pungkasnya.
Penulis: Steven Widjaja