Jakarta – TikTok dan GoTo telah resmi bekerja sama di Indonesia untuk membangun bisnis e-commerce bersama. Hal ini sekaligus mengkonfirmasi kembali kehadiran TikTok Shop di Indonesia melalui kolaborasinya dengan GoTo Group.
“Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia,” tulis keterangan resmi gabungan TikTok dan GoTo, yang diterima Infobanknews, Senin, 11 Desember 2023.
Atas kerja sama ini, TikTok menginvestasikan dana sebesar USD1,5 miliar atau Rp23,42 triliun (kurs Rp15.617 per dolar AS) untuk menopang operasional Tokopedia. Namun begitu, dijelaskan bahwa investasi tersebut tidak akan mendilusi lebih lanjut kepemilikan GoTo atas Tokopedia.
“Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia. Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek. GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut,” jelas laporan itu.
Kolaborasi strategis ini dimulai dengan masa uji coba yang dilakukan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program yang diluncurkan pada masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal yang dimulai besok, 12 Desember 2023, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).
Tersedia pada aplikasi Tokopedia dan TikTok, program Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka.
Ke depan, tiga mitra entitas bisnis yakni TikTok, Tokopedia, dan GoTo Group, menyatakan akan memberikan manfaat lebih luas lagi kepada para pelaku UMKM di Indonesia melalui platform e-commerce. Mereka juga menargetkan untuk menciptakan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.
Melalui kemitraan TikTok dan GoTo, 90% lebih merchant UMKM di Platform akan mendapatkan dukungan melalui berbagai program dari TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo, di antaranya:
● Promosi produk-produk Indonesia pada platform Tokopedia dan TikTok;
● Huluisasi UMKM – mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia melalui program komprehensif yang mendorong pengembangan keahlian dan akses sumber daya mulai dari hulu (tahap produksi) sampai ke hilir (penjualan);
● Dukungan pemasaran, branding dan praktik bisnis berkelanjutan bagi pedagang;
● Mendukung pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produknya di pasar internasional;
● Membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Indonesia; dan
● Memastikan lokapasar yang memungkinkan persaingan secara wajar.
Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Kesepakatan ini sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi Perseroan dalam memperluas cakupan pasar.
Untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk pula komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok. Dalam transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo.
Penulis: Steven Widjaja