Kampanye Gernas BBI 2022 Sumbar Telah Berhasil Diselenggarakan

Padang – Sumatera Barat kaya akan budaya dan destinasi wisata. Oleh karena itu, provinsi ini memiliki potensi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang besar sehingga terpilih menjadi tempat diselenggarkannya kegiatan Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2022 (Gernas BBI 2022).

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai bagian penyelenggara telah sukses menyelenggarakan Gernas BBI 2022 di 3 kota di Sumatera Barat, yaitu Bukit Tinggi, Payakumbuh, dan Padang. Kampanye ini mengusung tema ‘Maju Berkah Basamo UMKM Sumatera Barat’.

“OJK, kami, memang regulator yang mengatur dan mengawasi sektor jasa keuangan, dan kami memiliki satu fungi penting, yaitu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat. Dengan tren dunia saat ini stag-flasi, jadi ini suatu perpaduan stagnan tapi ada inflasi. Jadi kita melihat, ekonomi harus didorong dengan pengembangan pusat-pusat ekonomi baru di daerah atau regional seperti sekarang,” kata Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Friderica Widyasari Dewi di Padang, Jumat, 16 September 2022.

Dalam kampanye itu, OJK telah berhasil mencapai target yang direncanakan melalui kegiatan seperti, UMKM Expo yang diikuti oleh 332 UMKM yang telah mengikuti program binaan, yang dikurasi menjadi 45 UMKM dan berhasil memilih 5 UMKM sebagai UMKM champions.

Kemudian bersama para mitra stategis, OJK juga berhasil melaksanakan program on boarding UMKM melalui e-commerce sehingga bisa mendorong 660 UMKM untuk mampu on boarding melalui platform e-commerce. Serta, dalam rangka pemenuhan transaksi minimal sebesar Rp15 miliar melalui, live shopping, UMKM Expo online maupun offline, dan penjualan melalui e-commerce. OJK dapat memenuhi target dengan berhasil merealisasikan kegiatan transaksi secara offline maupun penjualan melalui platform sekitar Rp15,7 miliar yang dilakukan sampai 30 juni 2022.

“Dulu ibu-ibu kalau belanja harga puluhan atau ratusan ribu masih nawar-nawar sekarang, jutaan oke saja karena kualitas UMKM yang memang sudah naik kelas,” tambah Kiki sapaan akrab Friderica.

Selain itu, OJK juga dapat melakukan akses permodalan melalui platform DigiKu sekitar Rp215 miliar dibantu oleh platform seperti, Bank, BPR (Bank Perkreditan Rakyat), Fintech dan lainnya sekitar Rp26 miliar di sepanjang bulan April – Juni 2022. Dengan berhasilnya seluruh rangkaian Kampanye Gernas BBI ini, diharapkan dapat menjadi upaya mewujudkan UMKM di indonesia yang bangkit dan unggul. (Fatin)

 

Recommended For You

About the Author: Ari Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *