Jakarta – PT Capital Life Syariah menorehkan kinerja ciamik pada 2022. Bagaimana tidak, laba sebelum pajak Capital Life Syariah di 2022 tercatat meningkat 62,63% secara tahunan menjadi Rp35,96 miliar dari Rp22,11 miliar di tahun sebelumnya. Kenaikan laba ini tentunya tak bisa dilepaskan dari peningkatan sejumlah pos kinerja lainnya yang ditorehkan perusahaan asuransi jiwa syariah ini.
Sebut saja seperti pos keuangan pendapatan underwriting. Capital Life Syariah yang adalah bagian dari Capital Financial Group dan sister company PT Bank Capital Indonesia itu mencatatkan peningkatan pada pos pendapatan underwriting sebesar 34,17% secara tahunan di 2022 menjadi Rp210,59 miliar dari Rp156,95 miliar pada tahun sebelumnya.
Di samping itu, perusahaan asuransi jiwa yang per Desember 2022 beraset total Rp4,24 triliun ini juga mencatatkan peningkatan modal hingga 8,47% menjadi Rp3,92 triliun di 2022 dari Rp3,62 triliun di tahun sebelumnya.
Sebagai informasi, PT Capital Life Syariah juga sukses memboyong penghargaan 12th Infobank-Isentia Digital Brand 2023 pada Rabu, 12 April 2023 yang diadakan di Shangri La Hotel Jakarta. Penganugerahaan penghargaan Infobank-Isentia Digital Brand 2023 kepada perusahaan asuransi jiwa syariah tersebut adalah apresiasi terhadap baiknya kualitas kinerja layanan dan digital branding yang dilakukannya selama ini.
Sebanyak 190 institusi dan 174 produk berhasil meraih penghargaan Infobank-Isentia 12th Digital Brand Awards 2023. Penghargaan diberikan oleh Majalah Infobank dan Isentia (lembaga analisis dan media monitoring global) atas keberhasilan mereka dalam melakukan promosi brand perusahaan (corporate brand) dan brand produk (product brand) secara digital selama setahun terakhir (2022-2023).
Ke-190 institusi peraih penghargaan terdiri dari bank konvensional, bank syariah, bank digital, bank konvensional dengan layanan digital, BPR, BPRS, UUS bank konvensional, BUMN, subholding BUMN, asuransi jiwa, asuransi umum, asuransi jiwa syariah, asuransi sosial, reasuransi, multifinance, dan perusahaan sekuritas.
Sementara, ke-147 produk peraih penghargaan terdiri dari produk deposito, tabungan, kartu kredit, kartu debit, KPR, KKB, KKB syariah, wealth management, internet banking, mobile banking, deposito bank syariah, tabungan bank syariah, KPR bank syariah, mobile banking bank syariah, tabungan UUS bank umum, KPR UUS bank umum, kartu debit UUS bank umum, internet banking bank syariah, e-money bank, dan e-money nonbank.
Metodologi yang digunakan dalam riset ini menggunakan delapan tahapan yang berpusat pada channel media sosial dalam melakukan penilaian terhadap corporate brand dan product brand. Ke delapan tahapan itu yakni, menentukan kategori, meriset brand dan kata kunci, memilih channel medsos, men-generate data dari medsos, menentukan sentimen, pengambilan data, menghitung indeks, dan menentukan hasil tiga teratas (top three).
Penulis: Steven Widjaja