PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance) mengumumkan kolaborasi dengan perintis startup insurtech Roojai. Kolaborasi antara Sompo Insurance dengan Roojai adalah bagian dari strategi perusahaan untuk memperkuat komitmen terhadap nasabah dan kemudahan akses produk asuransi yang lebih baik di Indonesia.
Kolaborasi ini akan memungkinkan Sompo Insurance untuk mengakses kemampuan asuransi digital Roojai, sambil memperbesar penawaran insurtech tersebut melalui kehadiran dan berbagai solusi Sompo Insurance yang sudah lama tersedia.
Melalui kerja sama ini Sompo Insurance menyediakan produk-produk asuransi retail yang diminati pasar di Indonesia dan cocok untuk dijual secara online untuk dipasarkan melalui Roojai. Produk-produk asuransi tersebut di antaranya adalah polis standard seperti Hospital Cash Plan dan Asuransi Kecelakaan Diri yang relatif terjangkau, mudah dipahami, dan melengkapi perlindungan yang ditawarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).
Eric Nemitz, Chief Executive Officer Sompo Insurance mengungkapkan, misi Sompo Insurance adalah untuk memberikan perlindungan asuransi yang terjangkau, merata, dan mudah diakses nasabah di mana pun mereka berada. Dengan semakin banyaknya nasabah yang beralih ke pelayanan online, maka Sompo Insurance pun memperluas kehadiran digital untuk dapat melayani pasar dengan lebih baik. Kolaborasi dengan Roojai menjanjikan inklusi yang lebih baik untuk semua orang di Indonesia, dan memungkinkan nasabah untuk membeli asuransi melalui kanal paling intuitif yang mereka miliki dengan harga yang terjangkau.
“Sejak pandemi, masyarakat Indonesia memiliki kesadaran terhadap kesehatan yang terus meningkat dan semakin memprioritaskan kebutuhan jaminan kesehatan yang berkualitas. Dengan adanya pelonggaran pembatasan kegiatan, kami memperkirakan akan ada lonjakan perjalanan dan pembelian mobil, sehingga memperkuat permintaan perlindungan asuransi perjalanan dan kendaraan bermotor,” kata Eric Nemitz, Kamis, 31 Maret 2022.
Sementara, Mathieu Guiraud, Chief Executive Officer Roojai Indonesia menjelaskan, lanskap digital pasar Indonesia saat ini telah berkembang pesat dengan adanya penetrasi perangkat seluler yang meningkat pesat dari tahun ke tahun.
“Sebagai negara yang mengutamakan penggunaan perangkat seluler, nasabah saat ini melakukan segalanya secara online, mulai dari berbelanja, memesan makanan, memesan taksi, dan yang terbaru adalah membeli asuransi. Sebagai pionir industri dengan kredensial regional, Roojai bersemangat memperluas platform digital kami untuk Indonesia dengan bermitra bersama salah satu asuransi terkemuka dan tepercaya di negara ini,” kata Mathieu Guiraud.
Saat ini, Indonesia merupakan pasar Internet terbesar keempat di dunia dan salah satu pengguna telepon seluler tertinggi di dunia. Pandemi juga telah menggeser kebiasaan sejumlah besar penduduk ke layanan dan platform yang mengutamakan layanan digital. Statistik menunjukkan bahwa penggunaan e-commerce di Indonesia telah meningkat rata-rata 70% dibandingkan sebelum pandemi, sementara rata-rata waktu yang dihabiskan untuk online per hari melonjak dari 3,6 jam menjadi 4,7 jam selama masa lockdown. Saat ini, Indonesia merupakan pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara, dengan nilai pasar sebesar US$32 miliar pada 2020, tumbuh dari US$21 miliar pada 2019.
Roojai adalah startup insurtech pemenang penghargaan yang mulai beroperasi pada 2016, yang berfokus pada digitalisasi rantai nilai asuransi di Kawasan Asia Tenggara. Perusahaan menjadi terkemuka karena meluncurkan layanan asuransi online lengkap pertama di Thailand, dengan menggunakan smart data analytics untuk mempersonalisasi pengalaman produk konsumen.
Dengan semakin luasnya distribusi produk Sompo Insurance di platform Roojai, koloborasi ini menjanjikan ketenangan bagi nasabah Indonesia melalui perlindungan asuransi, serta meningkatkan keterjangkauan, transparansi, dan keandalan industri asuransi di Indonesia secara keseluruhan. (Ari Nugroho)