Jakarta – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) kembali menunjukkan kualitasnya, kali ini melalui ajang penghargaan 12th Infobank-Isentia Digital Brand 2023 yang diadakan Rabu, 12 April 2023, di Shangri La Hotel Jakarta. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak delapan penghargaan diboyong bank syariah pimpinan Hery Gunardi selaku direktur utamanya ini.
Kedelapan penghargaan itu, yakni kategori Corporate Brand Bank Umum Syariah (BUS) KBMI 3 Aset Rp200 T ke Atas, Product Brand Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) Bank Umum Syariah untuk BSI OTO, Product Brand Deposito Bank Umum Syariah untuk BSI Deposito, Product Brand Tabungan Bank Umum Syariah untuk BSI Tabungan Easy Mudharabah, Product Brand KPR Bank Umum Syariah untuk BSI Griya Hasanah, Product Brand Mobile Banking Bank Umum Syariah untuk BSI Mobile, Product Brand Internet Banking Bank Umum Syariah untuk BSI Netbanking, serta Product Brand Kartu Debit Bank Umum Syariah.
BSI yang beraset total Rp303,98 triliun per Februari 2023 ini secara konsisten terus mendorong tingkat inklusi keuangan syariah di Indonesia. Teranyar, BSI menggandeng tiga bank syariah swasta Tanai Air, yakni Maybank Syariah, Bank Muamalat Indonesia, dan Bank Mega Syariah, melalui kerjasama transaksi Sertifikat Perdagangan Komoditi Berdasarkan Prinsip Syariah antar Bank (SIKA) yang penandatanganan nota kesepahamannya dilakukan akhir Maret lalu.
Kesepakatan ini merupakan kelanjutan kerjasama di bidang penguatan transaksi moneter pasar uang syariah melalui transaksi pembelian komoditi yang didasari akad murabahah/jual beli dengan sistem angsuran. Kerjasama ini diharapkan akan semakin memperkuat pasar uang antar bank syariah di Indonesia.
Sebagai informasi, sebanyak 190 institusi dan 174 produk berhasil meraih penghargaan Infobank-Isentia 12th Digital Brand Awards 2023. Penghargaan diberikan oleh Majalah Infobank dan Isentia (lembaga analisis dan media monitoring global) atas keberhasilan mereka dalam melakukan promosi brand perusahaan (corporate brand) dan brand produk (product brand) secara digital selama setahun terakhir (2022-2023).
Ke-190 institusi peraih penghargaan terdiri dari bank konvensional, bank syariah, bank digital, bank konvensional dengan layanan digital, BPR, BPRS, UUS bank konvensional, BUMN, subholding BUMN, asuransi jiwa, asuransi umum, asuransi jiwa syariah, asuransi sosial, reasuransi, multifinance, dan perusahaan sekuritas.
Sementara, ke-147 produk peraih penghargaan terdiri dari produk deposito, tabungan, kartu kredit, kartu debit, KPR, KKB, KKB syariah, wealth management, internet banking, mobile banking, deposito bank syariah, tabungan bank syariah, KPR bank syariah, mobile banking bank syariah, tabungan UUS bank umum, KPR UUS bank umum, kartu debit UUS bank umum, internet banking bank syariah, e-money bank, dan e-money nonbank.
Metodologi yang digunakan dalam riset ini menggunakan delapan tahapan yang berpusat pada channel media sosial dalam melakukan penilaian terhadap corporate brand dan product brand. Ke delapan tahapan itu yakni, menentukan kategori, meriset brand dan kata kunci, memilih channel medsos, men-generate data dari medsos, menentukan sentimen, pengambilan data, menghitung indeks, dan menentukan hasil tiga teratas (top three).
Penulis: Steven Widjaja