Jakarta – Sebagai bagian dari salah satu penyedia asuransi terbesar di dunia, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus membuktikan komitmennya dalam menjalankan nilai Deliver on The Promise melalui pembayaran klaim. Sepanjang tahun 2022, Generali Indonesia telah memenuhi pembayaran komitmen sebanyak lebih dari 326 ribu klaim dengan nilai total Rp903,7 miliar.
Kendati secara keseluruhan nilai klaim mengalami penurunan sebesar 13%, klaim kesehatan mengalami peningkatan sebesar 62% dan begitupun jumlah pembayaran klaim penyakit kritis mengalami peningkatan sebesar 78% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.
Tren kesehatan di Generali Indonesia ini, sejalan dengan tren klaim kesehatan secara industri yang meningkat pada kuartal ketiga tahun 2022. Walaupun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara resmi tidak diberlakukan dan angka kasus infeksi Covid 19 saat ini sudah cenderung menurun, risiko kesehatan dan penyakit kritis tetap perlu diwaspadai dan diantisipasi.
Melansir hasil data World Health Assembly, 73% kematian di Indonesia disebabkan oleh kelompok penyakit ini seperti hipertensi, jantung, diabetes, serta stroke dan kanker. Tren klaim dan tren kesehatan yang ada menunjukkan fakta bahwa masyarakat masih sangat membutuhkan asuransi jiwa dan kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga dari risiko finansial yang rentan terjadi.
“Pembayaran klaim sepanjang tahun 2022 merupakan bukti nyata Generali Indonesia menjadi lifetime partner yang selalu mendampingi nasabah di berbagai kondisi, khususnya pada saat situasi sulit. Memahami kebutuhan yang terus berkembang dan guna meningkatkan kemudahan bagi nasabah, kami terus berinovasi di berbagai aspek termasuk dari sisi ragam manfaat asuransi kesehatan maupun dari sisi layanan dan klaim, dimana kami terus mengoptimalkan teknologi dan di waktu yang sama tetap memperhatikan human touch kepada nasabah,” ujar Jutany Japit selaku Direktur dan Chief Operation Officer Generali Indonesia, dikutip Kamis, 26 Januari 2023.
Inovasi yang dihadirkan Generali Indonesia selain untuk membantu nasabah menghadapi tantangan di saat ini, juga dirancang dapat mengantisipasi tantangan di masa mendatang. Secara end-to-end, Generali Indonesia sudah menghadirkan customer journey secara digital, yaitu mulai dari pengajuan polis, penerbitan polis, hingga proses layanan pasca pembelian seperti klaim dan transaksi.
Inovasi-inovasi yang telah dihadirkan, antara lain aplikasi iPropose yang memudahkan nasabah bisa dengan mudah untuk konsultasi dengan tenaga pemasar dan melakukan pengajuan polis. Setelah menjadi nasabah, layanan para pemegang polis juga semakin dipermudah dengan aplikasi Gen iClick, yang dapat digunakan untuk mengakses informasi, melakukan transaksi, mengajukan klaim secara online, bahkan memberikan akses kesehatan telemedicine dan tebus obat online, serta berbagai fitur-fitur lainnya. Layanan nasabah Generali Indonesia juga terbuka 24 jam, melalui virtual assistant JANE pada website www.generali.co.id dan nomor whatsapp 0858-1315-0037.
Generali Indonesia juga terus fokus dalam menjangkau berbagai segmen nasabah melalui multikanal distribusi yang dimiliki, yaitu kanal keagenan, direct channel dengan menghadirkan asuransi online, dan partnership distribution, yang ketiganya berfokus pada proteksi komprehensif untuk nasabah individual.
Selain itu, Generali Indonesia juga memiliki layanan kesehatan untuk karyawan perusahaan atau asuransi kumpulan dengan perlindungan menyeluruh dan lengkap, seperti rawat jalan, rawat inap, perlindungan jiwa, kecelakaan, kacamata dan perawatan gigi, kehamilan, vaksinasi, medical check up, hingga persiapan dana pensiun.
Editor: Steven Widjaja