Jakarta-BUMN sebagai perusahaan badan usaha milik pemerintah memiliki fungsi strategis di Indonesia. Bagaimana tidak, perusahaan BUMN juga memiliki tugas untuk membantu pemerintah Indonesia mensejahterakan rakyat melalui berbagai macam bidang dan cara, salah satunya seperti kegiatan sosial kemasyarakatan.
Salah satu BUMN yang konsisten melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan adalah PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero). BUMN yang memiliki lini bisnis kliring dan penjaminan transaksi di perdagangan komoditas ini, setiap tahun konsisten dalam mengalokasikan sebagian anggaran perusahaan untuk kegiatan sosial.
Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi menyatakan bahwa apa yang dilakukan PT Kliring Berjangka Indonesia adalah wujud kepedulian bagi negeri.
“Apa yang dilakukan oleh PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) dalam konteks kegiatan sosial kemasyarakatan ini adalah wujud kami untuk hadir untuk negeri. Untuk tahun 2019 ini, total dana yang kami alokasikan mencapai lebih dari Rp 2,9 Miliar yang meliputi kegiatan Program Kemitraan (PK) senilai lebih dari Rp. 2,3 Miliar, Bina Lingkungan (BL) dengan alokasi sebesar Rp. 250 Juta, serta dana Corporate Social Responsibility (CSR) sampai dengan November 2019 teralokasi sebesar Rp. 399 Juta. Alokasi dana ini merupakan kontribusi positif kami, khususnya bagi masyarakat,” ujarnya, di Jakarta, Jumat (13/12/2019).
Sementara itu, Diah Yulinda Wulandari selaku Kadiv Sekretaris PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) mengatakan bahwa kegiatan sosial ini sekaligus bentuk syukur atas pencapaian yang telah diraih selama ini.
“Sebagai penutup tahun 2019 ini, kami melakukan kegiatan CSR dengan mengajak anak-anak yatim piatu dan duafa dari beberapa panti asuhan untuk berwisata. Kegiatan ini merupakan bentuk tanggungjawab sosial dan juga merupakan ungkapan rasa syukur dari PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) terhadap pencapaian yang diraih dalam periode 2019. Selain itu juga merupakan wujud komitmen yang berkelanjutan untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat sekitar dengan berbagi dengan anak-anak yatim dan panti asuhan,” ujarnya, pada kesempatan yang sama.
Kegiatan dengan tema “Together we Care” ini, dilakukan di kawasan Dunia Fantasi Ancol, pada tanggal 11 Desember 2019. Dunia Fantasi sendiri merupakan kawasan wisata yang sudah cukup lama menjadi pilihan masyarakat. Dengan konsep hiburan keluarga, dunia fantasi cukup baik bagi anak-anak usia sekolah untuk mendapatkan hiburan.
Selanjutnya Fajar Wibhiyadi menambahkan, “Kedepan, PT KBI akan terus konsisten dengan menyisihkan anggaran, untuk kegiatan PKBL dan CSR ini. Sejalan dengan peningkatan kinerja perusahaan, Kami berkomitmen untuk meningkatkan budget untuk kegiatan PKBL dan CSR ini dalam tahun-tahun mendatang. Dengan kontribusi yang kami berikan ini, kami harap mampu menjadi salah satu cara masyarakat menikmati hasil kinerja BUMN.”
“Together we Care” adalah kegiatan sosial, dengan mengundang anak-anak yatim piatu dan duafa untuk menikmati berbagai permainan di kawasan Dunia Fantasi. Tahun 2019, PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) telah merealisasikan anggaran untuk Program Kemitraan, Bina Lingkungan serta Corporate Sosial Responsibility (CSR) mencapai lebih dari Rp2,9 miliar.