Tingkatkan Kapasitas UMKM RI Lewat IMA UMKM Awards

(Foto: Dok. IMA)

Jakarta – Indonesia Marketing Association (IMA) sebagai organisasi yang berfokus pada aktivitas pengembangan pemasaran sebagai profesi, menyelenggarakan IMA UMKM Awards untuk memajukan ekosistem pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia.

Rangkaian seleksi IMA UMKM Awards telah dimulai sejak 20 Mei hingga 22 Juni 2023 untuk tahap pendaftaran, dilanjutkan dengan tahap seleksi dan kurasi peserta pada 22 Juni hingga 3 Juli 2023. Dilanjutkan dengan tahap pelatihan dan workshop yang sedang dilaksanakan dari 8 Juli sampai 26 Agustus 2023. Selanjutnya, peserta akan memasuki tahap mentoring dan coaching hingga bulan September dan diakhiri dengan tahap penjurian perencanaan bisnis pada bulan Oktober 2023.

“IMA UMKM Award merupakan bentuk komitmen IMA terhadap pengembangan UMKM di Indonesia, yang selaras dengan visi IMA untuk Indonesia yang lebih baik. Harapannya, IMA UMKM Award dapat membantu UMKM di Indonesia untuk meningkatkan kualitas produknya, memahami proses branding, dan memenuhi kebutuhan para konsumen dengan baik,” ujar Presiden IMA Pusat, Suparno Djasmin, dikutip Minggu, 30 Juli 2023.

Rangkaian IMA UMKM Awards mendapat antusiasme yang tinggi dari kalangan UMKM Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Sebanyak 477 UMKM dengan 58,5% dari golongan usaha UMKM Umum dan 41,5% dari golongan usaha UMKM Pariwisata mendaftarkan diri dalam rangkaian IMA UMKM Awards.

IMA melakukan proses seleksi tahap 1, yaitu seleksi administrasi dan motivasi, yang melibatkan Chapter IMA dari seluruh Indonesia sebagai tim kurator dan menghasilkan 287 UMKM yang memiliki rentang omset Rp60 Juta hingga Rp2,5 miliar untuk melanjutkan ke tahap kedua.

Pada tahap pertama ini, tim kurator mempertimbangkan kelengkapan dokumen serta hasil wawancara dengan menilai beberapa aspek, yang terdiri atas potensi, motivasi, tujuan dan dampak usaha, model dan strategi bisnis yang dijalankan, serta segmen pasar sasaran.

“Penghargaan ini bukanlah sekadar ajang perlombaan semata. IMA ingin memberikan dukungan maksimal kepada UMKM dengan menyediakan pelatihan dan workshop yang bertujuan untuk mengasah pengetahuan, meningkatkan kemampuan, serta merancang rencana bisnis yang matang. Melalui tahap persiapan dan workshop ini, kami berharap UMKM dapat melangkah lebih mantap menuju tahap final penjurian atas perencanaan bisnis yang telah dirancang,” tambah Suparno.

Sekitar 287 UMKM yang berhasil melewati tahap seleksi pertama melanjutkan tahap pelatihan dan workshop yang dimulai sejak 8 Juli hingga 26 Agustus 2023. Pelatihan ini merupakan upaya IMA untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UMKM di Indonesia dengan menghadirkan pakar dari Alumni Certified Professional Marketer (CPM) dan pengurus IMA yang memiliki pengalaman luas di bidang tersebut.

50 UMKM tersaring pada pelatihan dan workshop ini berfokus pada bidang pemasaran bisnis dan keterkaitannya antara lain dengan Sustainable Development Goals (SDGs), kerja sama Indonesia Global Compact Network (IGCN), perempuan, dan kaum muda.

Pada tahap ini, para mentor akan melatih dan memantau secara khusus untuk meningkatkan kemampuan para peserta untuk melanjutkan ke tahap ketiga, yaitu mentoring dan coaching.

20 UMKM ke Final

Setelah melalui tahap mentoring dan coaching, IMA akan memilih 20 UMKM untuk melaju ke tahap final. Pada tahap final, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Suparno Djasmin selaku President IMA Pusat, sebagai juri yang menilai perencanaan bisnis yang telah dirancang.

Sebagai penghargaan bagi enam finalis UMKM yang berhasil memenangkan tahap final, IMA memberikan kesempatan bagi mereka untuk turut serta dalam pameran yang diselenggarakan IMA untuk memberikan testimoni atas peningkatan bisnisnya.

Melalui pameran ini, keenam pemenang memiliki peluang untuk mendapatkan partner bisnis dan pemodal yang sesuai dengan kebutuhan.

Para finalis UMKM juga berkesempatan untuk melakukan presentasi bisnis di hadapan pemodal yang berpotensi memberikan dana investasi kepada mereka yang terdiri dari pihak bank, perusahaan venture, dan lembaga keuangan. Pendanaan ini diharapkan dapat membantu UMKM dalam mengatasi tantangan finansial yang seringkali menjadi hambatan dalam pengembangan bisnis.

 

Editor: Steven Widjaja

Recommended For You

About the Author: Ari Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *