Jalani Pemeriksaan KPK 3,5 Jam, Syahrul: Tanya ke KPK

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat memberikan keterangan ke awak media di gedung ACLC KPK, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/6). (Foto: Net)

Jakarta – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo akhirnya memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penyelidikan kasus korupsi di Kementan, hari ini, 19 Juni 2023. Syahrul terlihat tiba di gedung ACLC KPK, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, pada pukul 09.30 WIB dan keluar pada pukul 13.00 WIB. Dengan demikian, ia menjalani pemeriksaan di gedung KPK itu selama 3,5 jam.

Syahrul sebelumnya tidak bisa hadir pada pemanggilan Jumat (16/6) kemarin, karena telah terjadwal untuk berangkat ke India menghadiri acara Agriculture Ministers Meeting G-20 di India.

“Hari ini saya memenuhi panggilan dari KPK, yang selama ini dua kali sebelumnya dipanggil saya dalam kegiatan yang terkait kegiatan negara, kelompok kerja dan penas,” ujar Syahrul kepada wartawan seusai proses pemeriksaan di Gedung ACLC KPK, Jakarta, Senin, 19 Juni 2023.

“Yang terakhir saya harus ke India dalam forum G20, dan banyak pertemuan yang harus saya lakukan atas nama negara,” ucapnya.

“Tetapi, walaupun permintaan saya sampai tanggal 27 (Juni 2023), karena berbagai kegiatan yang di Korea Selatan sudah bisa kita selesaikan di G20 India itu, hari ini saya memenuhi panggilan itu secara baik,” tambahnya.

Ia lalu menegaskan kembali bahwa dirinya siap hadir kapanpun KPK butuhkan dalam kaitannya dengan penyelidikan kasus korupsi di Kementan. Ia katakan bahwa ia bersikap profesional dan kooperatif.

“Dan Alhamdulillah panggilan ini sudah jalan, dan saya sudah diperiksa secara profesional. Saya terima kasih, dan saya tetap akan kompromi, akan kooperatif, kapan pun dibutuhkan saya siap hadir,” jelasnya.

Ketika dimintai kererangan soal apa saja yang ditanyai oleh penyidik KPK, Syahrul menerangkan, ia telah memberikan jawaban sesuai dengan apa yang bisa ia jawab.

“Saya kira apa yang dilakukan KPK sudah sesuai dengan SOP, sesuai dengan prosedur, dan saya sudah menyelesaikan semuanya itu dengan apa yang bisa saya jawab.” Ia lalu meminta awak media untuk menanyakan langsung ke KPK terkait detail pemeriksaan dirinya.

“Saya sudah jawab di atas (terkait dugaan korupsi yang dilakukan pejabat kementan). (Jawabannya) Gak ada, saya sudah jawab. Tanya KPK, tanya KPK, saya sudah hadir tadi,” tuturnya.

 

Penulis: Steven Widjaja

Recommended For You

About the Author: Ari Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *