Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) terus melakukan penyesuaian remunerasi, fokus pada pengembangan karyawan, dan berupaya memberikan apresiasi kepada pegawai yang optimal dalam pekerjaannya. Apresiasi tersebut tentu menjadi semangat bagi para pegawai BTN untuk terus meningkatkan produktivitasnya dalam bekerja.
Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo mengatakan, dengan berbagai strategi itu, produktivitas pegawai BTN tercatat meningkat hingga 699% secara tahunan dari Rp18,2 miliar pada Desember 2019 menjadi Rp145,49 miliar pada Desember 2020. Employee engagement Bank BTN pun ikut naik dari 85% menjadi 88%. Padahal, saat ini pandemi Covid masih menjadi tantangan BTN.
“Tentunya kami juga tetap berlandaskan pada nilai-nilai AKHLAK dari Kementerian BUMN untuk menciptakan budaya kerja yang baik, efisien, dan produktif di Bank BTN,” ujar Haru seperti dikutip Kamis, 15 Juli 2021.
Atas dasar produktivitas pegawai BTN yang meningkat signifikan tersebut, Bank BTN pun
meraih dua penghargaan sekaligus pada ajang HR Excellence 2021. Apresiasi tersebut diberikan sebagai ganjaran positif atas upaya perseroan dalam mencapai visi menjadi Home of Indonesia’s Best Talent di sisi sumber daya manusia (Human Resources/HR) pada 2025.
Haru Koesmahargyo mengungkapkan, penghargaan tersebut menjadi semangat bagi perseroan untuk terus melanjutkan upaya menjadikan Bank BTN sebagai rumah bagi talenta-talenta terbaik.
“Kami berterima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada Bank BTN. Kami akan terus berupaya menjadikan BTN sebagai ‘rumah’ yang nyaman bagi talenta terbaik sehingga dapat menyediakan rumah bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ucap Haru.
Bank BTN meraih dua predikat AA pada kategori Reward Management & Talent Retention dan HR Digitalization & People Analytics. Dua predikat tersebut diberikan sebagai apresiasi tiga strategi utama Bank BTN yakni Continuous EVP Campaign & Recruitment Process Improvement, Rewards Management & Talent Retention, serta Integrity & Integrasi Data Analytic untuk Penguatan People Analytics.
Dari strategi tersebut, menurut Haru, beberapa hal telah dilakukan BTN seperti menciptakan karyawan dan keluarga yang sejahtera, mempersingkat proses rekrutmen tanpa menghilangkan kualitas, mengimplementasikan proses rekrutmen spesialis dengan 10 universitas papan atas, hingga rekrutmen secara digital. (*)