Media Luar Beritakan Aksi Bela Palestina RI, Sebut Boikot Barang Israel

Masyarakat berkumpul di kawasan Monumen Nasional (Monas) dalam Aksi Bela Palestina, Minggu (5/11). (Foto: Istimewa)

Jakarta – Sejumlah media asing ramai membicarakan Aksi Bela Palestina, yang diadakan di Jakarta, Indonesia, Minggu (5/11/2023). Bahkan, tak cuma media tetangga, media Arab dan Amerika Serikat (AS) juga turut memuatnya.

Media Singapura, The Strait Times misalnya, memuat artikel berjudul “Indonesians join peaceful rally in Jakarta in solidarity with Palestine”. Puluhan ribu orang diberitakan berkumpul di Monumen Nasional (Monas) menyatakan solidaritas terhadap Palestina di tengah konflik yang tengah berkecamuk di Gaza.

Strait Times menyatakan pertemuan publik itu menjadi yang terbesar di Indonesia sejak pecahnya perang Israel-Hamas. Warga RI digambarkan mengenakan jubah putih dan syal Palestina hitam-putih serta mengibarkan bendera Palestina.

Dijelaskan juga bagaimana masyarakat meneriakkan kalimat “Tuhan Maha Besar” dan “Bebaskan Palestina”. Termasuk tuntutan pasukan Israel mengakhiri pengepungan mematikan mereka di Gaza.

“Rekaman aksi pengeboman di Gaza terpampang di layar,” tulis media itu, dikutip Senin, 6 November 2023.

“Tokoh-tokoh Muslim secara bergiliran menyampaikan pidato di atas panggung di alun-alun Monumen Nasional (Monas). Menyerukan antara lain, boikot barang-barang Israel dan penyelidikan permusuhan Israel di Gaza pada pengadilan internasional,” tambahnya.

Arab News juga memuat hal sama. Media itu memuat artikel berjudul “Solidarity for humanity: Hundreds of thousands rally in Jakarta to support Palestine”.

“Indonesia telah menjadi pendukung setia Palestina selama beberapa dekade, di mana masyarakat dan pihak berwenang memandang kemerdekaan Palestina sebagai sebuah mandat dari konstitusi mereka sendiri, yang menyerukan penghapusan kolonialisme,” tulis Arab News.

“Sejak awal operasi Israel di Gaza setelah serangan Hamas pada 7 Oktober, masyarakat Indonesia telah turun ke jalan dalam protes skala kecil untuk menunjukkan dukungan mereka, dan para aktivis menyatakan bulan November sebagai Bulan Solidaritas Palestina,” jelas media itu lagi.

Dilaporkan bagaimana aksi lintas agama itu diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Disebut pula bagaimana tak hanya umat Muslim yang turun, tapi juga Kristen hingga Budha.

“Setiap 10 menit, seorang anak terbunuh di Gaza. Ribuan orang tua kehilangan anaknya, ribuan anak kehilangan orang tuanya,” sebut media itu menirukan perkataan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, yang turut hadir dan memberikan pidatonya.

“Saya dan Indonesia, saya tidak akan pernah mundur untuk membantu. Aku dan Indonesia-ku akan selalu bersamamu sampai penjajah meninggalkan rumahmu. Palestina, kamu adalah saudaraku. Dan aku, dan Indonesia-ku, akan selalu bersamamu,” tulis media itu mengutip perkataan Retno.

Sementara itu, Al-Jazeera juga memuat hal yang sama. Namun demonstrasi di Jakarta, dimuat bersama sejumlah protes sama di banyak negara dunia, dalam artikel “Tens of thousands march across the world for Gaza ceasefire”.

“Orang-orang turun ke jalan untuk solidaritas ke Palestina, di AS, Indonesia, Pakistan, menuntut perang selesai,” sebut media Qatar itu dalam beritanya.

“Orang-orang memenuhi komplek Monumen Nasional (monas) untuk menghadiri aksi mendukung warga Palestina di Gaza, di Jakarta, Indonesia,” tambah media itu dengan lampiran foto.

Penulis: Steven Widjaja

Recommended For You

About the Author: Ari Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *