Perlindungan Data Pribadi Tingkatkan Kepercayaan Konsumen Pada Layanan Digital

(Foto: Dok. VIDA)

Jakarta – Kepercayaan konsumen terhadap layanan digital menjadi hal yang krusial, terutama setelah disahkannya Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP). Oleh karena itu, transformasi layanan digital yang mengedepankan perlindungan data pribadi menjadi penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

Hasil riset Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) VIDA dengan Katadata Insight Center menunjukkan bahwa penggunaan identitas digital dalam layanan digital telah terbukti dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Identitas digital memiliki peran penting dalam menjaga keamanan data pribadi, meningkatkan efisiensi dan akurasi, serta mempermudah serta mempercepat proses layanan.

Sebanyak 88% perusahaan di Indonesia merasa perlu mengadopsi teknologi identitas digital untuk mendorong pertumbuhan bisnis. Hal ini menegaskan bahwa kepercayaan digital adalah faktor kunci dalam ekosistem digital yang berkembang pesat.

Pribadi Hasto Kusumo, AVP Partner Business Development and Marketing Partnership VIDA, menjelaskan bahwa kepercayaan digital adalah kunci utama dalam akselerasi transformasi digital. Perlindungan data pribadi memiliki peran besar dalam meningkatkan kepercayaan digital karena berhubungan langsung dengan keamanan dan integritas informasi pribadi individu.

“Implementasi perlindungan data pribadi pada layanan digital juga dapat mengurangi risiko penyalahgunaan data atau kebocoran informasi, memberikan kepastian hukum bahwa layanan beroperasi sesuai dengan etika, serta membuka peluang ekspansi bisnis yang lebih besar,” dikutip dari keterangan resmi, Jumat, 8 September 2023.

Pribadi Hasto Kusumo juga menjelaskan, VIDA berkomitmen untuk menjadi solusi transformasi digital yang aman dengan memastikan kepatuhan terhadap UU PDP dan regulasi terkait lainnya. Selain itu, VIDA juga mengikuti Permenkominfo 11/2022 dan peraturan sektoral lainnya, serta menjalani audit eksternal berkala terkait praktik keamanan informasi.

“Kami melayani lebih dari 1,8 juta verifikasi wajah online dan 100 transaksi per detik setiap hari. VIDA bertekad untuk mendorong percepatan digital dengan memberikan layanan verifikasi identitas online, tanda tangan digital, serta otentikasi yang mudah dengan menjaga privasi dan keamanan sesuai regulasi yang berlaku,” ungkapnya. (*)

Editor: Dicky F. M.

Recommended For You

About the Author: Ari Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *