KTT ASEAN 2023 Resmi Usai, Berikut Dokumen Lengkap Kesepakatannya

Jokowi saat pidato penutupan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Kamis (7/9). (Foto: Media Center KTT ASEAN 2023/Aditya Pradana Putra)

Jakarta – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN resmi selesai pada Kamis, 7 September 2023. Acara yang berlangsung sejak Selasa, 5 September itu berjalan sukses. Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), resmi menyerahkan palu kepada Perdana Menteri (PM) Laos, Sonexay Siphandone, pada hari penutupan, yang menandakan serah terima keketuaan KTT ASEAN untuk waktu berikutnya.  

Jokowi turut mengapresiasi para delegasi negara yang hadir di acara KTT ASEAN 2023. KTT ASEAN kali ini diikuti 10 negara ASEAN, minus Myanmar. Selain itu, beberapa negara mitra juga ikut hadir, antara lain Amerika Serikat (AS), Tiongkok, Rusia, Australia, Selandia Baru, Jepang, Korea Selatan (Korsel), Kanada, Bangladesh, India, dan Kepulauan Cook.

“Selama tiga hari ini, 12 pertemuan KTT telah diselenggarakan dan menghasilkan 90 outcome dokumen dan sejumlah kesepakatan-kesepakatan konkret dengan mitra,” ujar Jokowi saat menutup acara KTT ke-43 ASEAN, Kamis (7/9).

“Selama pertemuan saya menangkap optimisme dan energi yang positif dari seluruh yang hadir,” tambahnya.

Kira-kira apa saja 90 dokumen yang dihasilkan dari acara KTT ASEAN kali ini? Berikut detailnya:

Jadwal KTT ASEAN 2023
Jadwal KTT ASEAN 2023
Jadwal KTT ASEAN 2023
Jadwal KTT ASEAN 2023
Jadwal KTT ASEAN 2023

Recommended For You

About the Author: Ari Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *