Mentan SYL Tak Hadiri Rapat, Wamentan: Kita Masih Cari Keberadaannya

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). (Foto: Istimewa)

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan rapat terbatas terkait mitigasi dampak fenomena el nino di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, hari ini, Selasa, 3 Oktober 2023. Ada yang menarik dari rapat terbatas itu, tidak terlihat sosok Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) di rapat terbatas itu. Yang terlihat hanya Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi.

Ketika ditanyai soal keberadaan menterinya, Harvick juga tidak tahu mengenai keberadaan Sang Menteri.

“Betul sampai hari ini kita terus mencari keberadaan pak menteri, karena sampai detik ini kita belum ada kabar mengenai keberadaan pak menteri sampai hari ini,” ujar Harvick di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 3 Oktober 2023.

SYL yang tengah menjadi sorotan karena dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) yang tengah diselidiki Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu, disinyalir sedang melakukan kunjungan kerja di Spanyol saat KPK menggeledah rumah dinasnya.

“Kalau dari Spanyol, informasi terakhir yang kami terima itu memang berbarengan dengan beberapa pejabat eselon kami. Ada eselon 1, ada yang ikut tiga orang, juga eselon 2 yang ikut kunjungan kerja Pak Menteri, juga beberapa staf. Kembali ke Tanah Airnya ini memang masing-masing karena mungkin tiket juga terbatas. Alhasil terpisah,” ucap Harvick.

Ketika ditanya soal apakah ada kemungkinan SYL melarikan diri dari proses hukum yang berjalan, Harvick langsung membantahnya. “Wah, Insya Allah sih nggak ya. Kita doakan sama-sama agar masalah ini selesai,” tuturnya.

Ia juga belum bisa memastikan posisi saat ini dari SYL. Apakah sudah berada di Indonesia atau belum.

“Ini kita belum tahu ini posisinya terakhirnya. Belum ada kontak sama sekali,” ujarnya.

Penulis: Steven Widjaja

Recommended For You

About the Author: Ari Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *