Infobank dan IBI Tanam 10 Ribu Mangrove, Dirut Maximus: Perbesar Lagi 

Presiden Direktur Asuransi Maximus, Jemmy Atmadja pada acara penanaman 10.000 mangrove di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu (27/4). (Foto: Dok. TF/SW)

Jakarta – Infobank Media Group dan Ikatan Bankir Indonesia (IBI) mengadakan aksi penanaman 10.000 pohon mangrove di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu, 27 April 2024. Acara yang diikuti oleh 27 institusi keuangan (bank, asuransi, dan multifinance) itu telah memasuki tahun ketiga sejak pertama kali diselenggarakan pada 2022, dan adalah bagian dari kegiatan “6th Infobank Green Golf Tournament 2024” yang digelar Infobank Media Group dan IBI di Pondok Indah Golf Course Jakarta, Sabtu, 2 Maret 2024 lalu.

Selain penanaman 10.000 pohon mangrove, telah dilakukan juga pelepasan 100 ekor burung ke alam bebas. Presiden Direktur Asuransi Maximus, Jemmy Atmadja, yang hadir di acara tersebut menyatakan bahwa pihaknya sangat mendukung terselenggaranya acara penanaman 10.000 pohon mangrove di Pulau Pari. Ia pun mengharapkan, Infobank bisa memperbesar lagi jumlah peserta maupun wilayah penanaman pohon mangrove.

“Dengan penanaman pohon 10 ribu saja, itu belum mencakup area yang besar. Kalau saya ditanya soal berkesinambungan, saya akan ikut berkesinambungan. Namun, saya harap Infobank bisa perluas jumlah kepersertaan perusahaan yang ada di Indonesia, atau bahkan perusahaan asing yang berada di Indonesia untuk turut serta,” ujar Jemmy.

“Dan di satu sisi, ini kita kan negara kepulauan ya, tapi yang disorot cuman Pulau Pari saja. Kan banyak pulau-pulau lain. Makanya, kita nanti ingin acara-acara penanaman pohon mangrove ini juga diadakan di pulau-pulau lain yang memang secara langsung maupun tak diperhatikan itu terkena abrasi,” imbuhnya.

Jemmy lalu memberikan contoh Pulau Bali, yang ia katakan sudah memiliki banyak sekali pohon-pohon mangrove yang besar. Akan tetapi, masih banyak di wilayah lainnya yang tidak mendapatkan perhatian sedemikian besar, mengingat abrasi berpotensi menimpa hampir semua pulau di Indonesia.

“Jadi, saya harap Infobank jangan berhenti dalam waktu dekat, dan terus berkesinambungan. Kami dari Maximus khususnya, senantiasa mendukung acara ini,” tukasnya.

Di lain sisi, Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto mengatakan, kegiatan penanaman 10.000 pohon mangrove ini adalah komitmen Infobank untuk mendukung green economy sebagai langkah kecil untuk menghadapi climate change yang membuat alam mulai tidak ramah.

Para peserta Backpacker Jakarta (BPJ) menanam pohon mangrove di Pulau Pari, Sabtu (27/4). (Foto: Dok. TF/SW)

Penamanan 10.000 pohon mangrove tahun 2024 ini, menurut Eko, adalah aksi penamanan tahun ketiga sejak 2022. Lokasi penanaman dalam tiga tahun terakhir ini dilakukan di lokasi yang sama, yakni Pulau Pari, khususnya di bagian sisi utara pulau yang mengalami abrasi. Dalam pantauan tim, puluhan ribu pohon mangrove yang ditanam tahun 2022 dan 2023 sudah mulai menghijau dan bertumbuh cabang.

Selain dukungan sponsor dari industri keuangan dan perbankan, kegiatan aksi penanaman 10.000 pohon mangrove ini juga melibatkan aktivis lingkungan dari komunitas Backpacker Jakarta (BPJ) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kepulauan Seribu.

“Untuk itu, kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas keikutsertaan kawan-kawan Backpacker Jakarta dan Pokdarwis Kepulauan Seribu di kegiatan ini,” kata Eko.

Adapun 27 institusi keuangan dan perbankan yang terlibat dalam kegiatan ini adalah PT Bank Central Asia Tbk (BCA), Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Rintis Sejahtera (Jaringan Prima), Perta Life Insurance, Bank Kalteng, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), dan Bank BJB.

Kemudian, Toyota Astra Financial Services (TAF), Maximus Insurance, Jamkrindo, Askrida, Bank DKI, APPI, Bank Kalbar, Mandiri Tunas Finance, Jamsyar, Bank Raya, Asuransi Candi Utama, Asuransi Tripa, Asuransi Cakrawala Proteksi, BCA syariah, Universal BPR, Astrido Finance, serta Bank MAS.

Penulis: Steven Widjaja

Recommended For You

About the Author: Ari Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *