Wamenhan: Kita Siap Bantu Warga Palestina dari Serangan Israel

Gedung-gedung hancur di Khan Younis, Gaza Selatan akibat serangan Israel. (Foto: Istimewa)

Jakarta – Kementerian Pertahanan (Kemenhan) menyatakan siap membantu warga Palestina yang tengah menderita karena serangan dari Israel. Serangan terbaru dilakukan Israel kepada pengungsi di Rafah.

Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra mengatakan kesiapan pemerintah membantu warga Palestina tecermin dari pidato Menteri Pertahanan Prabowo Subianto beberapa waktu lalu.

“Beliau menyerukan investigasi komprehensif terkait serangan di Rafah,” ujar Herindra dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR di Senayan Jakarta, Kamis, 6 Juni 2024.

Kemenhan RI, Herindra katakan, juga seirama dengan keinginan Presiden AS Joe Biden yang mendukung terwujudnya gencatan senjata permanen antara Israel dan Palestina, demi kedamaian dunia.

“Mendukung two-state solution sebagai solusi nyata perdamaian dan keamanan bagi Israel dan Palestina,” tuturnya.

Herindra lalu menegaskan jika pemerintah siap memberikan bantuan kemanusiaan dan berkontribusi dalam pengiriman pasukan atau misi pemeliharaan perdamaian, berdasarkan permintaan dari PBB. Bahkan, Indonesia siap mengirimkan personel medis untuk melakukan evakuasi warga palestina yang menjadi korban serta mengoperasikan RS lapangan di Gaza.

“Apabila sewaktu-waktu kita dapat lampu hijau mengirim pasukan perdamain ke gaza,” pungkasnya.

Penulis: Steven Widjaja

Recommended For You

About the Author: Ari Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *