Jakarta – Bank of America menyatakan bahwa masalah teknis yang membuat banyak konsumennya kesulitan mengakses akun rekening pada Rabu (2/10) telah terselesaikan. Laporan masalah dalam mengakses akun rekening itu meningkat sekitar pukul 1 siang pada Rabu waktu setempat.
Dalam analisa lebih lanjut, website Downdetector menemukan sekitar 20.266 layanan akun Bank of America yang terhenti.
“Sejumlah nasabah mengalami kendala saat mengakses layanan informasi akun dan rekening pada mobile dan online banking mereka pagi ini,” tulis pernyataan resmi Bank of America yang dirilis Kamis lalu sebagaimana dikutip USA Today.
“Masalah teknologi tersebut sudah sepenuhnya terselesaikan. Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” imbuh pernyataan itu.
Meskipun begitu, Bank of America tidak merinci perihal yang menyebabkan hal itu terjadi. Sebagai informasi, pada Rabu (2/10), banyak nasabah Bank of America yang komplain karena mereka tak bisa mengakses neraca rekening. Dan sebagian lainnya melaporkan jika mereka bisa mengakses akun rekening, namun melihat isi rekeningnya USD0.
“Aplikasi tak bekerja dan online banking menunjukkan isi neraca pada hari sebelumnya,” ujar salah satu nasabah pada Downdetector.
“Antara aplikasi dan browser untuk mengakses BoA setidaknya tak bekerja sebagian untuk kita,” ucap nasabah lainnya. “Bisa mengakses beberapa layanan di akun, tapi tak semuanya. Dan layanan transfer antar akun tetap tak bisa bekerja,” timpal nasabah yang lain.
Penulis: Steven Widjaja