Masuki Tahun ke-33, Resiliensi dan Inovasi Jadi Strategi Allianz Utama Indonesia

(Foto: Dok. Allianz Utama Indonesia)

Jakarta – Pandemi yang telah berlangsung selama lebih dari 2 tahun membuat beberapa perusahaan asuransi harus menyusun langkah dan strategi untuk survive tanpa harus mengorbankan kualitas, tak terkecuali PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama).

“Kontraksi ekonomi yang sempat terjadi akibat pandemi memberikan tantangan tersendiri bagi Allianz Utama. Namun, kami dengan cepat menyusun strategi agar tetap mampu memberikan yang terbaik bagi karyawan dan juga nasabah. Kami terus menggali potensi untuk mengembangkan segmen pasar dan mempersiapkan produk-produk inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini,” ujar Sunadi selaku Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, dikutip Senin, 19 Desember 2022.

Menjadi perusahaan asuransi dengan pengalaman selama 33 tahun membuat Allianz Utama terus beradaptasi dan menyikapi tantangan dan perubahan tren bisnis yang terjadi saat ini dengan mengembangkan sejumlah inisiatif kreatif untuk membuka peluang baru dalam bisnis asuransi.

Pada bulan November 2022, Allianz Utama meresmikan Bengkel Metro 55 di daerah Jakarta Selatan sebagai anchor garage. Anchor garage adalah bengkel rekanan yang menjadi pilihan prioritas dari Allianz Utama untuk semua nasabah. Yang membedakan anchor garage dibandingkan bengkel rekanan pada umumnya adalah keunggulan pelayanan yang sangat menguntungkan nasabah.

Nasabah dapat mengajukan klaim dengan cara datang ke bengkel atau menggunakan layanan antar jemput gratis se-Jabodetabek, antrian prioritas untuk nasabah Allianz Utama, serta pengawasan ketat pelayanan proses klaim, SLA, dan kualitas pengerjaan atas klaim yang diajukan oleh nasabah Allianz Utama.

Dari sisi inovasi produk, di tahun 2022 ini Allianz Utama juga meluncurkan asuransi properti Simple Home Protection. Asuransi terbaru dari Allianz ini dapat memberikan perlindungan maksimal untuk rumah tinggal yang bisa dibeli oleh semua nasabah yang memiliki rumah, baik yang sudah mempunyai polis asuransi rumah tinggal maupun yang belum, karena menawarkan manfaat lebih selain dari pergantian nilai kerugian melalui santunan ketidaknyamanan.

Selain Simple Home Protection, Allianz Utama juga memiliki rangkaian produk unggulan seperti asuransi perjalanan Allianz TravelPRO, Allianz RumahKu Plus, Allianz UsahaKu, serta Allianz MobilKu.

Dari sisi pencapaian, sampai dengan bulan November 2022, Allianz Utama mencatatkan Gross Written Premium (GWP) sebesar Rp628,71 miliar. Dua lini bisnis memberikan kontribusi yang cukup tinggi, yaitu asuransi liability (tanggung gugat pihak ketiga) sebesar Rp210,82 miliar dan asuransi properti sebesar Rp195,07 miliar.

Menjadi salah satu perusahaan yang paling terpercaya, Allianz Utama senantiasa membuktikan komitmennya untuk memberikan perlindungan kepada nasabah dengan membayarkan klaim sebesar Rp207,25 miliar sampai dengan November 2022. Selain itu, sampai saat ini Allianz Utama memiliki lebih dari 5.800 agen tersertifikasi AAUI yang tersebar di seluruh Indonesia, yang membantu kami terhubung ke nasabah dan masyarakat.

Rangkaian inovasi yang dilakukan Allianz Utama pun mendapatkan sejumlah ganjaran penghargaan dari lembaga luar, di antaranya The Most Innovative General Insurance for The Development a Digital Based Insurance Service, kategori Asuransi Umum pada Indonesia Digital Innovation Awards 2022 (Warta Ekonomi); Best Insurance 2022 with Top Financial Performance and Formidable Insurance Business Development kategori General Insurance dengan total asset 1-5T pada Indonesia Best Insurance Award 2022 (Warta Ekonomi); serta Best Brand Image kategori General Insurance <10T, pada Indonesia Best Financial Brands Award 2022 (Iconomics).

 

Editor: Steven Widjaja

Recommended For You

About the Author: Ari Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *