BAF Gelar Charity Virtual Run untuk Pengendalian Diabetes di Indonesia

Pada hari ini Yayasan Lions Indonesia (YLI) bekerja sama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) meresmikan BAF Lions Run 2021, VRun for Diabetes secara virtual. Peresmian ini dihadiri oleh Willy Suwandi Dharma, Chairman Yayasan Lions Indonesia, Lynn Ramli, Presiden Direktur BAF, dan Sri Bimastuti Abimanju selaku Ketua Panitia BAF Lions Run 2021.

Tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan BAF Lions Run hasil kolaborasi antara YLI dan BAF. Pada 2019, charity run BAF Lions Run yang bertema Childhood for Cancer dilaksanakan secara offline di Alam Sutera, Tangerang. Di 2020, charity run BAF Lions Run dilaksanakan secara virtual pada September 2020 yang bertema Run for Vision. Dan tahun ini, kembali menyelenggarakan charity run secara virtual dengan tema VRun for Diabetes.

Menurut data International Diabetes Federation (IDF), Indonesia menduduki urutan ke-7 dengan prevalensi pasien pengidap diabetes mencapai 6,2%, yang artinya ada lebih dari 10,8 juta orang Indonesia menderita diabetes pada 2020. Angka ini diperkirakan meningkat menjadi 16,7 juta pasien pada 2045. Registrasi Nasional Ikatan Dokter Ahli Indonesia mencatat terdapat 1.300 anak di bawah usia 18 tahun yang menderita Diabetes Melitus Tipe 1 dan jumlah ini diprediksi akan terus bertambah. Hal inilah yang melatarbelakangi penyelenggaraan BAF Lions Run 2021, VRun for Diabetes oleh YLI.

“Lewat virtual run ini, YLI bersama BAF mengajak masyarakat Indonesia berlari sambil berdonasi untuk pengendalian diabetes di Indonesia. Konsep virtual run diharapkan dapat menarik lebih banyak peserta karena olahraga lari dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 ini,” kata Willy Suwandi Dharma, dalam keterangan resmi yang diterima Infobank, Kamis (6/5).

Ada yang berbeda di BAF Lions Run 2021 yaitu penambahan kategori 2,5 K dan 42K atau biasa disebut full marathon, sehingga kategori yang akan dibuka dalam acara ini antara lain Kategori 2.5K, 5K, 10K, 21K, dan 42K. Para peserta dapat berlari selama kurun waktu 3 Juli – 8 Agustus 2021 dan pendaftaran early bird BAF Lions Run 2021 sudah dibuka mulai 19 April hingga 5 Mei 2021.

Sementara, Lyyn Ramli menjelaskan terkait komitmen di acara BAF Lions Run. “Kami mendukung kegiatan charity run ini sejak 2019 secara penuh. Setelah charity run untuk anak-anak penderita kanker di 2019 dan kemudian kesehatan mata anak-anak Indonesia di 2020, tahun ini komitmen kami bersama dengan YLI yaitu menggalang dana guna meningkatkan kualitas hidup dan pengendalian diabetes sejak dini,” ujarnya.

Kesehatan anak Indonesia menjadi salah satu fokus tanggung jawab sosial BAF yang diharapkan dapat membantu memperbaiki kualitas hidup anak-anak bangsa. “Sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan terhadap anak Indonesia, tidak hanya hadir pada kegiatan BAF Lions Run saja, kami juga memiliki beberapa program kegiatan tanggung jawab sosial lainnya yang berkesinambungan di antaranya CSR dengan tema “Caring for Children”, serta Program Orang Tua Asuh yang menitikberatkan pada kesejahteraan dan pendidikan anak Indonesia,” ungkap Lynn.

Recommended For You

About the Author: Ari Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *