Ingat-ingat! Berikut Tol yang Dibuka Fungsional Untuk Mudik Lebaran

(Foto: Net)

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengoperasikan sejumlah ruas tol secara fungsional untuk mudik Lebaran di tahun ini. Salah satunya adalah Tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 yang akan dibuka pada 15 April 2023 mendatang.

“Seksi 4, 5, dan 6 akan dibuka fungsional pada 15 April. Sudah tembus dari Bandung ke Cirebon mudah-mudahan sangat membantu tugas Korlantas untuk mengatur arus lalu lintas dari Jawa Barat ke Jawa Tengah,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Selasa, 4 April 2023.

Lalu, ada pula Tol Pasuruan-Probolinggo sampai Inter Connection (IC) Gending (dari Probolinggo Timur) sepanjang 8,6 km, serta Tol Solo-Yogyakarta-NYIA.

“Solo-Yogya Seksi 1 Kertasura-Klaten dari exit tol Trans Jawa menuju ke Sawit jadi menuju jalan nasional Yogyakarta-Solo walaupun cuma 6 km tetapi itu sudah melewati 5 traffic light sehingga sudah cukup membantu. Jadi dari Semarang, Surabaya menuju Yogyakarta tidak harus ke Kertasuro tapi langsung ke jalan tol ini dari simpang Kertasuro menuju Sawit,” ucapnya.

Tol lainnya adalah Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dari Sadang-Kutanegara 28,7 km, Tol Cibitung-Cilincing seksi Taruma Jaya-Cilincing 7,3 km, Tol Ciawi-Sukabumi seksi Cigombong-Cibadak 11,9 km, dan Tol Cimanggis-Cibitung seksi 2A Jatikarya-Cikeas 3,5 km.

“Insya Allah bisa kita pakai secara fungsional,” tuturnya lagi.

Bergeser ke Trans Sumatera, ada beberapa ruas tol yang siap beroperasi secara fungsional. Pertama adalah Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi segmen Tebing Tinggi-Inderapura 28,5 km, segmen Dolok Merawan-Sinaksak 15,6 km, Sigli-Banda Aceh seksi 5 dan 6 Blang Bintang-Baitussalam 12,7 km, serta Binjai – Langsa seksi 2 Stabat – Tanjung Pura 7,2 km. “Ini sudah jadi tetapi belum dioperasionalkan.”

 

Penulis: Steven Widjaja

Recommended For You

About the Author: Ari Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *