Reshuffle Kabinet Indonesia Maju; Presiden Lantik Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto sebagai Mendag dan Menteri ATR/BPN

Isu reshuffle kabinet yang santer beberapa hari terakhir akhirnya terjawab. Siang tadi, Rabu,15 Juni 2022, di Istana Negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Luthfi dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN menggantikan Sofyan Djalil.

Selain dua menteri itu, Jokowi juga melantik tiga wakil menteri, yakni John Wempi Watipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri, Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan, dan Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN.

Kelima anggota baru Kabinet Indonesia Maju ini akan bertugas untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024.

Baca: Jokowi Akan Reshuffle Kabinet

“Demi Allah SWT saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi saat mengambil sumpah jabatan kelima pejabat yang dilantik.

Kedua menteri dan ketiga wamen yang dilantik, masing-masing berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 64P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024. Dan, Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24N Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024. (Ari Nugroho)

Recommended For You

About the Author: Ari Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *