Duh! Gubernur Koster Kembali Tolak Israel di World Beach Games Bali

(Foto: Net)

Denpasar – Gubernur Bali, I Wayan Koster terus konsisten dengan pernyataannya sebelumnya yang menolak kedatangan Timnas Israel. Kali ini, pernyataan itu ia lontarkan untuk event ANOC World Beach Games yang dijadwalkan berlangsung di Bali pada 5-12 Agustus 2023.

Timnas Israel dari sejumlah cabang olahraga dipastikan akan berpartisipasi dalam ajang ANOC World Beach Games di Bali setelah atlet-atlet Israel lolos babak kualifikasi untuk cabang olahraga renang perairan terbuka dan basket 3×3.

Koster menyatakan bahwa penolakan kepada atlet Israel berlandaskan pada Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Panduan Umum Hubungan Luar Negeri.

“(Berpatokan) pada konstitusi, yang kedua dasarnya adalah Peraturan Luar Negeri nomor 3 tahun 2019. Sebagai suatu entitas sendiri karena diatur dalam peraturan menteri luar negeri, tidak boleh menyampaikan lagu kebangsaan (Israel),” ucap Koster kepada awak media, di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Rabu, 5 April 2023.

“Jadi saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games mendatang,” tegasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau yang akrab disapa Cok Ace, mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat terkait keikutsertaan Timnas Israel di ANOC World Beach Games 2023.

“Itu menunggu arahan dari pusat. Pengalaman yang sekarang menjadi pelajaran penting. Menunggu arahan dari pusat. Iya dari Presiden,” ujar Cok Ace, di Kantor DPRD Bali, Senin, 3 April 2023.

 

Penulis: Steven Widjaja

Recommended For You

About the Author: Ari Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *